Jumat, 16 April 2010

KASIAT BAWANG

Bawang Putih Meredakan Sakit Gigi
Sakit gigi, bila dibiarkan berlarut, tak hanya dapat mengganggu aktivitas Anda, tetapi juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Menurut para ahli, kerusakan gigi bisa memicu timbulnya masalah pencernaan, hingga gangguan pada jantung dan sistem syaraf.

Anda bisa mengandalkan bahan-bahan alami di sekitar Anda untuk mengatasi segala macam keluhan kesehatan mulut. Beberapa di antaranya:

1. Bawang putih
Bawang putih merupakan salah satu dari sekian banyak pengobatan yang diklaim efektif meredakan sakit gigi. Caranya, haluskan satu siung bawang putih dicampurkan dengan sedikit garam kasar. Tempatkan di area yang sakit. Cara ini dinyatakan bisa meredakan rasa sakit, bahkan bisa menyembuhkan.

Sebagai tindakan lanjutan, ada baiknya mengunyah satu siung bawang putih setiap pagi. Cara ini bisa menjaga agar gigi yang telah disembuhkan semakin kuat dan sehat.

2. Bawang merah
Penelitian membuktikan, bawang merah mengandung komponen antibakteri. Mengonsumsi satu bawang merah setiap hari dengan cara mengunyah terbukti bisa melindungi dari berbagai gangguan gigi. Mengunyah bawang merah selama 3 menit bahkan mampu membunuh semua kuman di mulut.

Untuk mengurangi nyeri sakit gigi, cobalah menempatkan sepotong kecil bawang merah di area gigi atau gusi yang sakit.

3. Jeruk limau
Jeruk limau, sebagai sumber yang kaya vitamin C, sangat bermanfaat dalam mempertahankan kesehatan gigi dan tulang di bagian tubuh lainnya. Jeruk limau dapat mencegah gigi berlubang dan gigi tanggal, pembentukan plak gigi, sakit gigi, dan perdarahan pada gusi.

4. Minyak Cengkeh
Cengkeh telah lama dipercaya efektif meredakan sakit gigi. Selain itu, cengkeh juga mengurangi infeksi karena mengandung properti antiseptik. Caranya, oleskan minyak cengkeh ke lubang gigi yang mengalami kerusakan.

5. Lada
Campuran sedikit bubuk lada dengan 1/4 sendok teh garam sangat bagus untuk menjaga kebersihan gigi. Jika digunakan secara teratur setiap hari, ramuan ini bisa mencegah gigi berlubang, nafas bau, gusi berdarah, sakit gusi, dan sakit gigi. Selain itu juga bisa mengatasi masalah gigi sensitif. Untuk meredakan sakit gigi, Anda bisa menempatkan campuran tepung lada dan minyak cengkeh ke dalam lubang gigi.