Jumat, 11 Maret 2011

HARGA DIRI

Harga Diri
Harga diri sangat penting bagi setiap orang. Jika seseorang memiliki harga diri yang baik, akan dihormati orang lain. Sedangkan seseorang yang tidak memiliki harga diri, maka kurang dihormati oleh orang lain. Dalam pekerjaan atau kegiatan, kita juga membutuhkan harga diri. Contohnya seorang guru. Dia mempunyai sifat yang kasar, tidak ramah dan suka sekali memarahi siswanya. Dalam kehidupan dia tidak banyak disegani dan dihormati orang lain. Biarpun dia itu pintar dan kaya. Harga diri bukan diperoleh dari pekerjaan atau kekayaan,
tetapi dari kepribadian seseorang.

1. Menghargai Orang Lain
Bagaimana pun keadaan seseorang, kita harus menghargainya. Ketika berteman tidak boleh memandang teman berdasarkan keadaannya, seperti kaya, miskin, pandai, atau bodoh. Pandanglah teman itu manusia yang memiliki harga diri, sama seperti kita.
Harga diri seseorang tidak hanya diperoleh dari kekayaan, kepandaian, atau ketampanan. Harga diri seseorang, dihormati atau tidak dihormati orang lain, tergantung pada dirinya sendiri. Bagaimana pun keadaannya, tetaplah manusia, makhluk Alloh yang sama derajat dan martabatnya.
Namun demikian, martabat manusia dapat berubah. Martabat yang tinggi harus dipertahankan dan dikembangkan. Hanyalah diri sendiri yang mampu mempertahankan martabat sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.
Setiap orang menginginkan harga dirinya dihormati orang lain. Harga diri seseorang dikatakan baik, jika secara jujur menilai dirinya baik dan ada pengakuan orang lain yang menilai baik pula. Tetapi sebaliknya, jika merasa dirinya jelek dan pengakuan orang lain jelek, maka harga diri seseorang juga jelek.

2. Menjaga Harga Diri
Setiap manusia memiliki harga diri. Dengan harga diri mampu menjalin hubungan dengan sesama dan lingkungannya. Manusia adalah makhluk sosial.
Artinya, manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.
Bisakah kalian hidup sendiri? Tentu saja tidak! Dengan siapa kalian bermain dan belajar? Dari mana kalian memperoleh makan dan minum? Apa yang kalian makan dan minum sehari-hari? Semuanya dari lingkungan sekitar. Dengan demikian, setiap orang yang memiliki harga diri wajib menjaga kelestarian alam. Jika tidak apa yang terjadi? Siapa yang rugi? Harga diri sebaiknya kita bina dan kita jaga sejak masih kecil, caranya dengan membiasakan hal-hal yang baik dan menghindari hal-hal yang tercela. Misalnya berperilaku sopan, tidak sombong,
suka menolong teman dan sebagainya.

Contoh Bentuk Harga Diri
Bentuk harga diri misalnya sikap menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Kelebihan yang kalian miliki, sebaiknya jangan dijadikan kesombongan. Tirulah ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk.
Demikian sebaliknya. Kekurangan yang ada pada dirimu, usahakan
untuk memperbaiki, jangan merasa rendah diri. Dengan demikian, harga diri perlu kita jaga supaya:
a. Dihargai oleh orang lain.
b. Menambah semangat hidup.
c. Mendorong melakukan hal-hal yang terpuji.
d. Memiliki percaya diri.
e. Mencintai diri send