Senin, 22 November 2010

RAGAM POTENSI SUKU-SUKU DI INDONESIA

Mengenal Suku Suku Bangsa di Indonesia
Suku Suku Bangsa di Indonesia
Karena begitu banyaknya jumlah suku suku bangsa di Indonesia, tidak mungkin bisa menyebutnya satu persatu. Namun suku suku tersebut bisa dibagi dalam kelompok besar, yang diantaranya adalah :
1. Suku Papua
Orang yang tinggal dan mendiami pulau Papua disebut suku Papua. Mereka terbagi lagi dalam banyak suku. Yang cukup terkenal adalah suku Asmat. Suku ini sebagian ada yang tinggal di daerah pinggiran pantai atau pesisir, sebagian lagi menetap di daerah pedalaman. Yang membuat suku ini terbilang istimewa adalah kepintarannya membuat ukiran yang bernilai seni sangat tinggi.

2. Suku Bali
Sesuai dengan namanya, suku Bali tinggal di Pulau Bali. Kebanyakan dari mereka adalah pemeluk agama Hindu. Jumlah populasinya juga cukup banyak, yaitu sekitar lima juta jiwa.
Sehari-hari mereka berkomunikasi menggunakan bahasa Bali. Namun untuk berhubungan dengan pihak luar mereka tetap menggunakan Bahasa Indonesia.
3. Suku Batak
Suku Batak juga terbagi dalam beberapa sub suku, antara lain Batak Tapanuli, Karo, Toba, Simangulun dan masih banyak lagi. Sebagian besar adalah pemeluk agama Kristen. Lainnya adalah pemeluk agama Islam, kepercayaan dan faham animisme yang sering mendapat sebutan Parbegu atau Palebegu.
4. Suku Banjar
Adalah suku yang sebagian besar orangnya tinggal di pulau terbesar, Kalimantan. Kadangkala suku Banjar juga mendapat julukan Melayu Banjar. Namun akhir-akhir ini julukan tersebut mulai jarang digunakan.
5. Suku Betawi
Sebenarnya suku ini berasal dari hasil perkawinan antar suku beberapa abad yang lalu. Mereka tinggal di Jakarta. Suku ini terkenal karena selain tinggal di daerah Ibu Kota juga dengan penggunaan bahasa yang menyebut “lu” sebagai kamu dan “gue” sebagai aku.
6. Suku Jawa
Adalah suku yang populasi penduduknya paling besar di Indonesia. Mereka tinggal di pulau Jawa bagian tengah dan Timur serta Jogjakarta. Di dalam suku ini juga terdapat kelompok suku lain yang jumlahnya juga cukup banyak. Misalnya suku Osing di daerah Banyuwangi, kemudian suku Tengger di Jawa Timur dan sebagainya.
7. Suku Makasar
Suku ini terkenal karena punya jiwa petualangan yang tinggi. Pada jaman dulu mereka suka melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan kapal. Jadi mereka juga dikenal sebagai pelaut yang ulung. Maka tidak mengherankan bila saat ini banyak orang yang dari suku Makasar menyebar di seluruh Indonesia.
8. Suku Dayak
Seperti halnya suku Banjar, suku Dayak juga banyak yang tinggal di Kalimantan. Mereka terbagi-bagi dalam banyak suku suku lain yang lebih kecil. Bahasa dan kebudayaannya pun berbeda meski tidak terlalu banyak.
9. Suku Melayu
Komunitas suku ini juga terbilang cukup besar. Mereka tinggal di pulau Sumatera serta sebagian Kalimantan di daerah pesisir sebelah Barat serta Utara. Terkenal dengan budaya pantunnya yang indah dan memikat.
10. Suku Sunda
Suku ini mendiami pulau Jawa bagian Barat. Mereka juga terbagi-bagi dalam suku yang lebih kecil. Ada Cirebon atau Banten dan lain-lain. Khusus untuk Banten, suku ini terkenal dengan salah satu bentuk seni yang dimiliki, yaitu Debus.

Bangsa Indonesia terkenal dengan keanekaragaman budaya dan keseniannya. Ini tidak mengherankan, karena suku suku bangsa di Indonesia itu jumlahnya banyak sekali.
Ada sekitar 360 lebih suku yang menyebar dari pulau Sabang di ujung Sumatera hingga Merauke di Papua. Mereka tinggal di seluruh kepulauan nusantara dengan ciri budaya, bahasa, seni dan adat istiadat yang berbeda-beda.
Ciri khas yang berbeda-beda ini tidak membuat bangsa Indonesia menjadi tercerai berai, namun justru menjadi kuat. Meski dalam banyak hal ada perbedaan, namun tetap hidup dalam satu kesatuan bangsa Indonesia yang menganut paham Bhineka Tunggal Ika. Artinya adalah meski ada perbedaan namun pada dasarnya tetap satu juga.
Suku Bangsa yang terdapat di Pulau Jawa dan Bali
Suku di Bali terdiri :
Suku Bali Majapahit di sebagian besar Pulau Bali
Suku Bali Aga di Karangasem dan Kintamani
Suku di Jawa Timur
Suku Bawean di Jawa Timur: Gresik
Suku Madura di Jawa Timur
Suku Osing di Banyuwangi Jawa Timur
Suku Tengger di Jawa Timur Kabupaten Pasuruan dan Probolinggo lereng G. Bromo
Suku Jawa di Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta
Suku Tengger di Jawa Timur
Suku Osing di Jawa Timur: Banyuwangi
Suku Samin di Jawa Tengah: Purwodadi
Suku di Banten
Suku Baduy di Banten
Suku Banten di Banten
Suku Cirebon di Jawa Barat
Suku Cirebon di Jawa Barat: Kota Cirebon
Suku Sunda di Jawa Barat

Daftar Senjata Tradisional yang terdapat di Pulau Jawa dan Bali
Berikut ini nama – nama senjata tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Mungkin tulisan ini dapat sedikit membantu meskipun mungkin ada dari beberapa propinsi yang kurang lengkap dan sebagainya.
Nama Senjata Tradisional Khas Daerah Adat Budaya Nasional - Kebudayaan Nusantara Indonesia
• Provinsi DKI Jakarta, Senjata Tradisional : Badik, Parang, Golok
• Provinsi Jawa Barat / Jabar, Senjata Tradisional : Kujang
• Provinsi Jawa Tengah / Jateng, Senjata Tradisional : Keris
• Provinsi DI Yogyakarta / Jogja / Jogjakarta, Senjata Tradisional : Keris Jogja
• Provinsi Jawa Timur / Jatim, Senjata Tradisional : Clurit
• Provinsi Bali, Senjata Tradisional : Keris
Bahasa Daerah di Indonesia Diurutkan Berdasarkan Wilayah atau Propinsi
• Wilayah Bali Menggunakan Bahasa Bali, Bahasa Sasak
• Wilayah Jawa Menggunakan Bahasa Jawa, Bahasa Madura
• Wilayah Jawa Menggunakan Bahasa Sunda

Daftar lagu daerah / Tradisional yang terdapat di Pulau Jawa dan BaliD
Berikut ini merupakan nama nama lagu daerah / lagu tradisional di Indonesia, lagu daerah merupakan salah satu kekayaan kebudayaan kita bangsa Indonesia yang berasal dari berbagai macam kultur yang patut kita jaga kelestariannya, apalagi sampai di jiplak lagi oleh negara tetangga…… !
JAWA BARAT
1. Bubuy Bulan
. Cing Cangkeling
3. Es Lilin
4. Jali-Jali
5. Panon Hideung
6. Pileuleuyan
7. Sapu Nyere Pegat Simpai
8. Tokecang
DKI
1. Keroncong Kemayoran
2. Kicir-Kicir
3. Manuk Dadali
4. Ronggeng
5. Surilang
6. Jali-Jali
JAWA TENGAH
1. Bapak Pucung
2. Gambang Suling
3. Gek Kepriye
4. Gundul Pacul
5. Ilir-Ilir
6. Jamuran
JAWA TIMUR
1. Gai Bintang
2. Kembang Malathe
3. Keraban Sape
4. Tanduk Majeng
YOGYA KARTA
1. Pitik Tukung
2. Sinom
3. Suwe Ora Jamu
4. Te Kate Dipanah
BALI
1. Dewa Ayu
2. Macepet Cepetan
3. Mejangeran
4. Meyong-Meyong
5. Ngusak Asik
6. Ratu Anom
BANTEN
1. Dayung Sampan