Selasa, 22 Maret 2011

CONTOH DRAMA

Bacalah contoh naskah drama anak berikut ini!
Setelah mempelajari materi berikut ini, kamu diharapkan dapat menirukan dialog
dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan naskah drama anak-anak.
Beberapa anak berada di atas panggung. Mereka mengelilingi
penjual makanan. Mereka adalah Tono, Didit, dan Ari. Mereka membicarakan pengalamannya pergi ke desa. Tibatiba seorang anak datang. Anak itu adalah siswa baru di sekolah mereka, pindahan dari sekolah lain.
Tono : (Sambil tangannya mengambil jajanan) Eh, Temanteman,aku kemarin pergi ke desa. Aduh, ternyata desa itu tenang sekali suasananya.
Ari : (Menghampiri Tono dan Didit) Ya, memang benar kata Tono. Desa itu keadaannya tenang, tidak bising seperti di kota.
Tono : Aku pikir, desa itu tidak mengenakkan karena keadannya sepi; tidak ada penerangan, tidak ada hiburan,dan tidak ada supermarket, tapi ternyata ....
Didit : Ternyata sebaliknya, ‘kan? Apa kamu tidak pernah melihat berita televisi atau membaca koran, Ton?
Ari : Iya ... di koran ‘kan sering disebutkan listrik masuk desa, televisi masuk desa, dan masih banyak lagi tentang kemajuan desa.
Di tengah-tengah percakapan itu, tiba-tiba datang seorang anak laki-laki sebaya dengan mereka.
Sigit : (Sambil membungkukkan badan) Selamat siang, Kak. Di mana ruang kepala sekolah?
Tono : (Berlagak sok) Cari saja sendiri!
Ari : (Agak jengkel) Hai ... Ton, jangan begitu! Dia tanya baik-baik, malah kamu jawab ketus.
Tono : Ah ... biar saja, memangnya aku pikirin?
Ari : (Sambil mengulurkan tangan kepada anak baru itu) Selamat siang, Dik. Kenalkan, saya Ari. Kamu siapa?
Sigit : (Sambil mengulurkan tangan juga) Saya Sigit. Saya datang dari desa. Saat ini desa saya hancur akibat gunung meletus. Saya tidak punya siapa-siapa. Saya mengungsi di daerah ini.
Tono : (Dengan wajah menyesal) Aku Didit. Keperluanmu ke sini untuk apa?
Sigit : Kalau boleh, aku akan belajar di sini sampai desaku pulih.
Didit : Kalau begitu, ayo kita menghadap kepala sekolah.
Tono : (Sambil menggandeng lengan Sigit) Ayo, kita ke ruang kepala sekolah!
Mereka berjalan bersama-sama ke ruang kepala sekolah.