Jumat, 04 Februari 2011

MULTI MEDIA PEMBELAJARAN

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA
Perkembangan dunia komputer telah mencapai perkembangaan yang sangat mengagumkan. Hampir semua bidang pekerjaan di dunia telah dikendalikan oleh komputer. Pekerjaan-pekerjaan yang dahulu membutuhkan banyak tenaga manusia, sekarang telah tergantikan oleh mesin, yang kesemuanya itu dikendalikan oleh komputer. Semua yang ingin diketahui oleh manusia, semua ada di dalam komputer. Sama seperti bidang yang lain, komputer juga amat erat kaitannya dengan dunia pendidikan.
Bahkan komputer telah menjadi mata pelajaran wajib di sekolah-sekolah. Banyak pekerjaan di dunia pendidikan yang dapat dibantu pekerjaannya oleh komputer. Mengetik, berhitung, mencari materi pelajaran dari internet, dan pekerjaan lainnya, telah menjadi menu rutin komputer di sekolah-sekolah.

Dalam bidang pengajaran, komputer memungkinkan untuk terselenggaranya proses belajar mengajar jarak jauh, atau pembelajaran tanpa tatap muka. Namun demikian masalah yang timbul tidak semudah yang dibayangkan. Pengajar dalam hal ini, guru yang menguasai materi pelajaran, sebagian besar tidak mampu menghadirkan bentuk pembelajaran dalam komputer, sedangkan ahli komputer yang mampu merealisasikan segala hal dalam komputer biasanya tidak menguasai materi pelajaran (Ouda Teda Ena. 2001:2). Untuk mengatasi hal tersebut, tentunya dibutuhkan suatu kerja sama yang baik antara pengajar dengan ahli komputer. Ahli komputer bertugas membuat suatu program yang mudah digunakan, dengan perangkat lunak tertentu, yang akan memudahkan pengajar merealisasikan ide-idenya sesuai dengan materi pelajaran yang dikuasainya ke dalam komputer.
Komputer yang sudah dikenal baik setiap siswa, dapat disiasati untuk digunakan pembelajaran. Guru perlu mengembangkan media pembelajaran yang menyenangkan, komunikatif, dapat dibawa kemanapun ketika ingin belajar. Media pembelajaran melalui multi media ada beberapa keuntungan :
1. Anak terlibat langsung, menggunakan media tersebut
2. Waktu belajar fleksibel, dan waktu yang tidak terbatas
3. Materi dapat diulang-ulang sesuai kebutuhan
Namun disamping keuntungan ada juga kerugiannya, misalnya :
1. Keterbatasan anak - anak dalam medianya.
2. Kemampuan penggunaan yang tidak sama antar siswa.