Rabu, 30 Maret 2011

JENIS - JENIS UANG

1. Uang Kartal
Zaman dahulu uangnya seperti apa ya?
Zaman dahulu uang terbuat dari kulit hewan, tembaga, perak, dan emas. Sekarang uang terbuat dari kertas. Kita sekarang mengenal uang logam dan uang kertas. Uang logam dan uang kertas dapat kita gunakan untuk berbelanja.
Ciri-ciri uang kertas adalah sebagai berikut:
a. berbentuk persegi panjang,
b. bertuliskan besarnya nilai uang,
c. di sudut ada gambar lambang negara Garuda Pancasila,
d. di bagian atas tertulis Bank Indonesia, dan
e. ada tanda tangan Gubernur Bank Indonesia.
f. terbuat dari kertas

Ciri-ciri uang logam adalah sebagai berikut:
a. berbentuk bundar,
b. sisi lingkaran timbul,
c. bertuliskan besarnya nilai uang,
d. bertuliskan tahun pembuatan, dan
e. bertuliskan Bank Indonesia.


Di manakah kamu biasany
a berbelanja? Ada yang suka berbelanja ditoko, kios, mal, atau pasar. Uang yang kita gunakan untuk belanja dinamakan uang kartal.
Pada saat ini orang kalau belanja tidak perlu membawa uang tunai. Sekarang ada Anjungan Tunai Mandiri, disingkat ATM. Jika kita menabung di bank, bank akan memberikan ATM. Dengan kartu ATM kita dapat mengambil uang tabungan. Ada juga yang jika berbelanja menggunakan kartu kredit. Kartu ini dapat digunakan pada toko-toko bertanda khusus.
2. Uang Giral
Uang giral itu apa ya?
Perusahaan besar dalam membeli barang
tidak menggunakan uang tunai. Mereka membayar melalui giro di bank. Mengapa
demikian? Perusahaan besar melakukan jual beli dalam jumlah besar. Bisa ratusan juta rupiah. Berapa lama kita harus menghitung uang sejumlah itu? Berapa banyak tempat yang kita bawa? Untuk menghemat waktu maka pembayaran dilakukan lewat giro. Pembayaran seperti ini menggunakan uang giral.

Kegunaan Uang
Untuk apa uang bagi kita? Kapan kita memerlukan uang? Uang berguna sebagai alat pembayaran yang sah. Kalau kita menginginkan barang atau layanan harus menggunakan uang. Kita juga bisa memanfaatkan uang untuk ditabung. Apa manfaat menabung? Jika kita menabung, uang yang kita miliki lamakelamaan menjadi bertambah banyak. Jika sewaktu-waktu memerlukan uang, kita tinggal mengambil saja.FILE PPT, KLIK DI SINI