Selasa, 24 November 2009

UASBN ? SIAPA TAKUT ?

Cara Smart Taklukkan UASBN 2010
Banyak cara untuk sukses pada UASBN mendatang. Berikut ini kami tampilkan poin-poin penting agar sukses di UASBN. Silakan cermati tips berikut ini :
Cara Smart taklukkan UASBN/UNAS 2010

1. Berpikir Positif (Positive Thinking)
Untuk menumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi kata kunci yang harus kamu pegang adalah “Berpikir Positif mulai dari diri sendiri”. Selalulah berpikir bahwa kamu pandai, bahwa kamu akan sukses dalam ujian dengan nilai yang sangat baik, bahwa kamu adalah sang juara yang memiliki kemampuan luar biasa. Kamu harus memberi penghargaan pada dirimu sendiri. Inilah modal utama sebuah kesuksesan.

2. Pupuk Semangat Optimisme
Kegagalan dalam ujian jangan dijadikan momok. Cobalah belajar dengan tekun, teratur dan disiplin. Jangan takut gagal dalam mencoba, jangan takut salah dalam belajar. Kalau gagal atau salah dalam belajar, coba lagi dengan cara yang lain. Perhatikan kata-kata bijaksana ini dan jadikanlah sebagai pembakar semangat. “Orang yang berhasil akan mengambil manfaat dari kesalahan -kesalahan yang dia lakukan dengan cara yang berbeda dan semangat yang berbeda”

3. Bangkitkan Motivasi Belajar
Mendapatkan nilai yang tinggi dalam UASBN/UNAS 2010 dan diterima di SMP Favorit adalah target belajarmu. Jadikanlah target belakargmu ini menjadi tantangan bagimu dan harus berani menghadapi tantangan tersebut. Jadikanlah tantangan tersebut sebagai motivasi belajarmu. Kamu harus berani yakin bahwa kamu bisa, bahwa kamu adalah sang juara

4. Bermental Juara
Kalau kamu ingin menjadi juara, kamu harus memiliki kebiasaan sebagai seorang juara. Jangan kamu berharap bisa menjadi pemenang kalau kamu masih memiliki kebiasaan sebagai pecundang. Sukses harus di perjuangkan dan perjuangan butuh kesungguhan.
Mulai saat ini kamu harus ; tekun belajar, disiplin belajar, berbada dengan teman yang lain, dan belajar secara rutin dan terus-menerus.
Kalau kebiasaan tersebut belum kamu miliki, maka mulai saat ini kamu harus berubah. Dengan perubahan itu yakinkan pada dirimu, bahwa kamu akan mencapai prestasi gemilang. Peganglah semangat dalam kata-kata bijaksanan ini “Jika orang berpegang pada keyakinan, maka hilangkan kesangsian. Tetapi jika orang sudah berpegang pada kesangsian, maka hilanglah keyakinan”.

5. Pelajari Karakter Soal- soal UASBN Periode Sebelumnya
Rujukan untuk menyusun soal-soal UASBN adalah Standar Kompetensi Lulusan (SKL). SKL ini dijabarkan dalam Indikator Lulusan dan Kisi-kisi UASBN. Pelajari kisi-kisi UASBN ini karena didalamnya digambarkan tentang pembobotan dan distribusi soal untuk setiap ruang lingkup materi yang di ujikan

6. Banyak Berlatih Mengerjakan Latihan Soal
Persiapan kamu menghadapi UASBN akan semakin efektif apabila kamu banyak latihan mengerjakan soal-soal yang bertipelogi seperti UASBN. Banyak latihan mengerjakan soal akan membiasakan kamu dengan bentuk-bentuk soal yang akan keluar dalam ujian. Untuk soal hafalan kuncinya terletak pada cara menghafal yang efektif. Untuk soal hitungan kuncinya adalah banyak berlatih.

7. Cari Pendamping Belajar Berpengalaman Dan Kompeten
Metode belajaranmu akan semakin efektif apabila kamu memiliki pendamping belajar yang dapat dijadikan sebagai mitra belajar untuk memecahkan persoalan-persoalan psikologis dan akademis. Berikut ini adalah kriteria pendamping belajar yang baik :
a. Target belajarnya jelas , program pembelajaran tersusun secara lengkap dan terpadu
b. Sarana belajarnya memuat materi yang lengkap , disajikan dengan sistematis, disertai soal-soal latihan yang memiliki tingkat akurasi yang tinggi.
c. Program evaluasi dirancang secara terpadu, dan proses evaluasinya dilaksanakan secara bertahap dan rutin. Hasil evaluasinya dapat digunakan sebagai umpan balik untuk menilai hasil kemajuan belajar.
d. Dibimbing oleh instruktur yang berpengalaman, penguasaan materinya bagus, metode mengajarnya komunikatif, variatif dan menyenangkan.

8. Tips dan Trik Menghadapi Ujian
Tujuan akhir dari langkah Smart Sukses UASBN adalah sukses menghadapi ujian dengan nilai sangat memuaskan. Berikut ini adalah tips dan trik menghadapi ujian :
a. Persiapan menjelang ujian
1. pada saat menjelang ujian berpikirlah yang rileks, tenang, dan jernih untuk menghindari kecemasan dan ketegangan.
2. Jaga kesehatan dan persiapkanlah fisik kamu dengan makan cukup agar kamu dapat konsentrasi
3. Persiapkan pensil, penghapus, dan segala peralatan yang dibutuhkan untuk ujian dengan baik.
4. Datang ke ruang ujian 15 menit sebelum ujian dimulai.
b. Saat proses ujian berlangsung
1. Berdoalah sebelum membuka naskah soal ujian, karena segala kekuatan dan keberhasilan semata-mata dating dari sang pencipta
2. Tulislah nama dan nomor ujian kamu dengan jelas pada kolom yang telah disediakan pada lembar jawaban yang sudah dibagikan oleh panitia.
3. Periksalah semua halaman naskah ujian dan bacalah petunjuk dengan teliti.
4. Bacalah soal-soal ujian dengan seksama dan pahami betul apa inti persoalan yang ditanyakan. Kerjakan soal-soal yang lebih mudah terlebih dahulu.
5. Terapkan srategi Smart (cermat, cerdas, dan cepat) dalam menjawab soal-soal ujian agar alokasi waktu yang disediakan dapat dimanfaatkan secara optimal.
6. Pindahkan jawaban kamu pada lembar jawaban secara bertahap untuk soal-soal yang telah berhasil dikerjakan dengan baik.
7. Apabila kamu dapat menyelesaikan seluruh soal ujian sebelum waktu habis, maka pergunakan waktu yang tersisa untuk memeriksa kembalik jawaban-jawaban yang sudah ditulis.
8. Periksa kembali nama dan nomor ujian kamu sebelum lembar jawaban diserahkan panitia ujian.

Selamat mencoba